2008/05/13

Bermain-main dengan Digital Imaging

Anda telah mengetahui berbagai macam bingkai atau pigura, bagaimanca cara penataannya dan bagaimana bingkai tersebut memberikan mood ke dalam ruang Anda. Lalu bagaimana dengan foto atau gambar yang dibingkainya? Foto atau gambar apa saja yang bisa dibingkai?

Mungkin selama ini Anda hanya mengenal foto diri dan keluarga yang dipasang di dinding rumah Anda. Selain itu yang Anda pasang adalah lukisan sebagai wall art. Tahukah Anda bahwa banyak sekali objek-objek lain yang bisa dipasang pada bingkai dan kemudian menjadi wall art yang bernilai seni tinggi? Bahkan foto-foto hasil jepretan Anda sendiri?

Yang perlu Anda miliki hanyalah sebuah foto hasil jepretan Anda dengan digital camera, dan software editing foto, tidak perlu yang paling canggih, Anda bisa menggunakan software-software yang bisa didownload secara gratis dari internet karena sekarang ini banyak sekali software image editing yang sangat sederhana bisa didownload secara gratis di internet. Anda hanya perlu mempelajarinya sebentar saja. Namun jika Anda sudah mempunyai program Adobe Photoshop, CorelDraw, ACD Canvas Lite atau software lain sejenis itupun sudah cukup.

Selanjutnya bermain-mainlah dengan objek jepretan Anda. Sebagai contoh, dalam Adobe Photoshop pada menu Filter sudah tersedia berbagai efek yang bisa diterapkan pada foto Anda. Dengan sedikit berimajinasi dan keberanian untuk mencoba, Anda sudah dapat membuat image editing sendiri. Anda dapat mengkombinasikan efek yang satu dengan yang lain. Jangan takut, yang penting setiap kali Anda save-as hasil kerja Anda tersebut dan kemudian berilah nama yang lain, agar file asli dari image Anda tetap ada.

Berikut adalah contoh dimana sebuah objek yang biasa saja bisa menjadi objek yang luar biasa, hanya dengan memainkan brightness/contrastnya, warna-warna dan sharpness nya.


Andapun dapat melakukan hal yang sama dengan foto-foto diri Anda dan keluarga.

Untuk mencetaknya, jika Anda tidak mempunyai printer foto sendiri Anda tidak perlu khawatir. Sekarang banyak sekali penyedia jasa pencetak foto digital yang sama sekali tidak mahal di berbagai tempat. Dengan sedikit biaya saja, Anda sudah mendapatkan hasil cetakan yang cukup berkualitas.

Proses selanjutnya adalah membingkai. Di sini Anda pun dituntut untuk bisa menentukan jenis bingkai yang seperti apa yang cocok dengan objek maupun cocok untuk ruangan Anda. Dalam postingan selanjutnya akan dibahas mengenai segala seluk beluk membingkai wall art.

Jika sudah selesai, langkah selanjutnya adalah memasangnya di tempat yang tepat. Objek buah-buahan dapat Anda pasang di ruang makan. Objek bunga-bungaan dapat dipasang di kamar tidur, ruang tamu atau dimanapun Anda menginginkannya, karena mood nya yang lebih universal.

Tidak ada komentar: