2008/05/08

Beberapa Ide untuk Menata Taman Belakang


Taman belakang terkadang hanya dibiarkan apa adanya. Hanya ditanami seadanya, bahkan terkadang difungsikan sebagai gudang terbuka. Padahal taman belakang bisa menjadi tempat alternatif selain ruang keluarga di mana keluarga berkumpul bersama-sama di sore hari sambil minum teh dan makan makanan kecil, di mana keluarga berkumpul dan mengobrol, dan di mana anak-anak bermain.

Jadi mengapa Anda tidak mencoba untuk menyulapnya menjadi taman yang indah bagi keluarga? Taman ini tidak perlu luas, yang penting tertata dan bersih.


Yang pertama yang harus diperhatikan adalah tanaman. Untuk membuat taman belakang menjadi tempat yang istimewa untuk berkumpulnya anggota keluarga, adalah satu pohon yang tidak terlalu besar, cukuplah jika pohon tersebut menjadi satu titik focus dan menjadi penyejuk udara. Kemudian tanami dengan tanaman-tanaman perdu yang sesuai, tambahkan dengan tanaman-tanaman yang berbunga. Namun ingat, jangan penuhi seluruh halaman dengan tanaman. Sisakan lahan kosong sedikit untuk sirkulasi, syukur-syukur bisa dijadikan tempat bermain bagi anak-anak. Tanami lahan yang kosong ini dengan rumput, atau tutup dengan konblok, atau kombinasi konblok dan rumput. Kalau Anda bisa menanami taman belakang Anda dengan 2 pohon, maka bisa dipasang hammock atau tempat tidur gantung di antara dua pohon tersebut. Hal ini pasti akan dapat menjadi tempat yang sempurna untuk beristirahat sambil menikmati udara luar.


Setelah Anda menyulap taman belakang menjadi ruang keluarga alternatif yang nyaman, lalu kenapa tidak menjadikannya sebagai tempat untuk mengadakan pesta kecil-kecilan, atau tempat arisan atau tempat sekadar berkumpul bagi relasi-relasi, kolega atau tetangga Anda?


Anda bisa menjadikannya sebagai tempat berkumpul yang istimewa, unik dan berkesan leluasa karena berada di outdoor. Pasanglah beberapa lilin-lilin yang disebar di berbagai sudut taman, untuk mendukung suasana berkumpul. Jangan lupakan Anda memperhatikan bantal-bantal kursi Anda, jika memang Anda hendak memasang sofa-sofa atau kursi-kursi nyaman. Kenapa saya selalu menekankan bantal kursi? Mungkin memang sepele, namun terbukti warna-warna bantal kursi sangat menentukan mood setting tempat dan bisa memberikan aksen yang memperkuat tampilan. Bantal kursi memang cuma bagian kecil dari interior, menggantinya pun cuma membutuhkan biaya yang tidak besar, namun perubahan yang dibawanya sangat berpengaruh pada setting suatu tempat. Coba saja Anda buktikan.


Mungkin untuk pengembangan lebih lanjut, Anda bisa menambahkan gazebo-gazebo kecil di taman belakang Anda jika memang masih memungkinkan.


Selamat menikmati taman belakang Anda yang `baru`…

Tidak ada komentar: