2008/07/17

Warna dalam Ruang


Warna merupakan satu kesatuan utuh, antara ruang, furniture dan asesoris. Tata warna dalam ruang sebaiknya disusun menurut skema warna.

1. Aplikasi putih
Putih bisa dipadu dengan hampir semua warna yang ada, jangan biarkan putih berdiri sendiri. Ini akan membuat ruangan terlalu pucat. Kombinasikan putih dengan merah, kuning atau orange untuk ruang yang ceria, kombinasikan dengan coklat, abu-abu tua atau hijau tua untuk ruang yang teduh, dan lain sebagainya.

2. Aplikasi hitam
Hitam biasa dipakai sebagai line, artinya sebagai garis batas atau garis penegas. Jadi jangan jadikan hitam sebagai warna dominan dalam ruang, karena terlalu gelap. Aplikasikan warna hitam sebagai aksen.

3. Aplikasi merah
Merah cocok untuk segala karakter ruang. Yang sejuk, yang ceria, yang teduh, tinggal mencari tone yang cocok. Jadi jika ingin mengaplikasikan warna merah, perhatikan pemilihan tone dan luas ruangnya. Merah memberikan efek lebih sempit, dia akan tampak dramatis jika dikombinasikan dengan warna-warna yang tidak menonjol seperti putih, krem, dan kuning muda.

4. Aplikasi kuning
Kuning yang ngejreng tidak baik jika digunakan sebagai warna dominan dalam ruang tidur. Kuning bersifat stimulant pada otak, jadi aplikasikan dia dalam ruang-ruang kreatif seperti ruang kerja, ruang bermain atau foyer.

5. Aplikasi hijau
Hijau bersifat menyejukkan dan meneduhkan, gunakan pada ruang-ruang santai. Jangan padukan warna hijau dengan biru karena satu sama lain akan tampak mati.

6. Aplikasi biru
Aplikasikan warna biru di ruang kerja orang dewasa dan kamar mandi. Nuansa biru juga disukai untuk warna kamar tidur anak laki-laki. Paduan dengan warna putih atau kuning muda akan memberikan energi yang positif.

Tidak ada komentar: